SMA moehi ku tercinta


SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA, [MOEHI] yap, itu adalah sekolahku, dengan segala fasilitas dan kelebihan-kelebihannya n keseruannya yang bisa membuat aku bertahan sampe saat ini di MOEHI.

ada yang belom tau moehi? ya ampun, hari gini? ga tau moehi? ckck.

okaay, aku kenalin ya..

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang didirikan pada 05 September 1949 di rumah M. Sarbini (Kepala Tata Usaha SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta di Jl. Kauman 44 Yogyakarta. Kepala sekolah saat itu dijabat oleh H. Anton Timur Jaelani dengan dibantu beberapa guru antara lain Prof. W. Sugiman, Prof. Ir. Suryo Mr, R. Werdono Suwardi, GPH Brontokusumo, HA Dwijo Suparto, H. Washool Ja'far.
Perkembangan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sangat pesat sehingga tidak memungkinkan tetap menempati rumah M. Sarbini dan harus pindah ke Jl. Notoprajan 72 di gedung milik PKO. Sebagian siswa lainnya menempati Gedung di Jl. Gendingan
(sekarang SMP Muhammadiyah VI Yogyakarta) Kepemimpinan H. Anton Timur Jaelani digantikan oleh Mr R. Werdono Suwardi dan tahun 1959 digantikan oleh H. Moelono. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta semakin berkembang maka tahun 1964 pindah lagi ke Gedung Madrasah Mu'alimin di Jl. Kapten P. Tendean, namun sebagian masih kelas masih menempati gedung di Jl. Notoprajan sampai 1968, karena perkembangannya yang pesat maka dibentuklah IKWAM (Ikatan Wali Murid) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Untuk membantu kelangsungan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan khususnya ikut membantu memikirkan pembangunan, sarana dan prasarana sekolah.
1 Januari 1970 H. Moelono digantikan Soegiharso, prestasi demi prestasi diraih dan karena itulah maka lahan yang relatif sempit di Jl. Kapten Tendean dirasa tidak cukup lagi menampung animo masyarakat untuk menyekolahkan putra - putrinya di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Disamping letak gedung yang di ruas jalan yang ramai dan dirasa kurang representatif maka Majelis Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Kodya Yogyakarta yang kala itu di pimpin Drs. Musa Ahmad mencari lahan yang representatif dengan membeli lahan seluas 6.700 m di kampung Petinggen Yogyakarta dan disinilah sampai sekarang Gedung SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berdiri. Gedung ini mulai dibangun dengan 12 kelas 3 lantai pada tanggal 1 Agustus 1983 dan diresmikan oleh KHA AR Fahrudin 1985.
M. Kamil yang menggantikan Soegiharso sebagai Kepala Sekolah pada 1 Mei 1990 cuti untuk menunaikan ibadah haji tapi beliau wafat dalam musibah terowongan Mina. Sebagai peggantinya HM. Kastolani BA, yang secara definitif ditetapkan sebagai Kepala Sekolah sampai dengan 11 Agustus 1998 dan digantikan oleh Drs. Balok Haryadi sampai dengan 26 September 2003. Setelah masa kepemimpinannya berakhir diganti oleh Drs. H.M. Abu Shoim Nur. Kemudian setelah itu digantikan oleh Drs. H. Adi Waluyo, M.Pd sampai sekarang.

VISI
SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berwawasan masa depan dan berakhlaqul karimah, unggul dalam IMTAQ dan IPTEK

MISI
Memberdayakan seluruh sumber daya sekolah untuk membentuk kepribadian muslim yang berwawasan ke-Indonesia-an.

Membekali siswa ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kecakapan hidup.
Tujuan
Umum: Menyiapkan dan membentuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berdisiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhlai Allah Subhanahu wata'ala.

Khusus: Mengantarkan peserta didik dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi serta menyiapkan kader - kader penerus persyarikatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut